Ads 468x60px

.

Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 21 Februari 2012

Jumpa Pengurus Umat Se-Dekanat Singkawang

Nyarumkop, 17-19 Februari 2012

Misa Pembukaan Jumpa Pengurus Umat Se-Dekanat Singkawang

Setelah sekian lama tidak berjumpa dalam Dekanat Singkawang kali ini para Pengurus Umat dari 7 Paroki bertemu di Nyarumkop untuk saling berbagi pengalaman dan menimba ilmu terutama dalam liturgi dan kepemimpinan, setidaknya berupa informasi yang menjadi modal bagi para pengurus umat untuk bersama umat di stasi dan kring masing-masing dalam menanggapi sapaaan Allah. Acara ini dimulai dengan Misa pembukaan yang dipimpin oleh Mgr. Hieronimus Bumbun OFM.Cap bersama pastor Dekanat Singkawang.  Kegiatan ini dihadiri 140 orang. Narasumber yang menyampaikan materi diantaranya. Pastor Damian OFM.Cap (Materi Liturgi), Pastor Ambot, OfmCap (Materi Kepemimpinan), Bapak Mahadi (Sosialisasi APP 2012). Proses berjalan sangat  menarik tampak dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada narasumber dan banyak kesaksian-kesaksian yang moga-moga dapat saling menguatkan dalam pelayanan.
Pertemuan ini mengundang kesan yang mendalam dalam diri setiap pengurus umat yang ada dalam Dekanat Singkawang. Dalam homilinya Uskup Pontianak menegaskan bahwa kekuatan Gereja ada dalam diri para pengurus umat sebagai ujung tombak. Disisi lain Bapak Uskup juga mengajak agar para pengurus umat mau dan mampu menggerakan OMK (Orang Muda Katolik) di wilayahnya masing-masing untuk melibatkan diri dalam kegiatan menggereja. Pertemuan ini juga sebagai bentuk penegasan hasil Sinode Keuskupan Agung pontianak bahwa Gereja adalah Keluarga, partisipasi kaum Awam menjadikan Gereja lebih mengakar dan bertumbuh dalam hidup umat.
Acara yang berlangsung selama tiga hari ini mengingatkan akan arti pentingnya communio (kebersamaan) sebagai satu kestuan utuh warga Gereja. Meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu dalam Iman akan Yesus Kristus sang Gembala Utama. Para Pengurus Umat dipanggil untuk menjadi pelayan jemaat menjadi pengarah dan batu penjuru terhadap kelangsungan warga gereja di tempat mereka masing-masing. Harapan kedepan agar pertemuan ini dapat dilangsungkan lagi untuk periode berikutnya. Amin.

Suasana Misa Pembukaan

Foto bersama Mgr. Hieronymus Bumbun, OFMCAp dan sebagian pengurus  umat  Paroki St.Maria Nyarumkop

Foto bersama Uskup, Pastor dan Pengurus Kring Paroki St.Pius X Bengkayang




0 komentar:

Posting Komentar